STRATEGI BELAJAR MATEMATIKA

  • Sizillia Noranda Mayangsari Universitas Wisnuwardhana malang

Abstract

Matematika adalah salah satu pelajaran yang mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi akan diterima oleh peserta didik. Setiap anak memiliki kemampuan dalam menyerap ilmu dengan pelbagai kapasitas dan cara yang berbeda. Belajar dengan strategi atau metode yang tepat merupakan salah satu cara efektif untuk mendongkrak prestasi akademik anak. Penyampaian materi pelajaran dengan cara yang sesuai juga sangat penting untuk meningkatkan prestasi belajar. Tidak jarang juga bahwa banyak peserta didik melakukan berbagai strategi belajar yang dia sukai berulang-ulang karena mereka menganggap hal tersebut sukses dalam membantu proses belajar nya. Belajar merupakan komponen ilmu pendidikan yang berkenaan dengan tujuan dan bahan acuan interaksi, baik interaksi yang bersifat eksplisit maupun implicit (tersembunyi) sehingga belajar sangatlah berkaitan erat dengan dunia pendidikan yang wajib dijalani oleh setiap anak. Strategi belajar yang dilakukan masing-masing anak berbeda-beda dan disesuaikan dengan kemampuan anak sebagai peserta didik di dalam kelas untuk mempermudah tranfer ilmu yang dilakukan oleh guru guna untuk mendapatkan pembelajaran yang bermakna oleh peserta didik tersebut dan dapat disimpan dalam memori jangka panjang nya. Khusus nya untuk mata pelajaran matematika yang kebanyakan siswa mengganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang terlalu banyak rumus untuk dihafalkan. Untuk itu diperlukan strategi untuk membantu peserta didik menerima materi dan kemudian dapat digunakan dalam menyelesaikan permasalahan matematika.

Kata kunci : strategi belajar, peserta didik, permasalahan matematika

Published
2015-09-01
How to Cite
Mayangsari, S. (2015). STRATEGI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Likhitaprajna, 17(2), 107-117. Retrieved from http://likhitapradnya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/likhitapradnya/article/view/20
Section
Articles