IMPLEMENTASI METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VII DI SMP NU HASYIM ASYARI MALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Endang Koesmiyati

Abstract

Pengalaman belajar Pendidikan Kewarganegaraan dapat dilaksanakan di dalam maupun di luar kelas dengan metode diskusi. Siswa diharapkan aktif dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dan berpartisipasi sebagai warga negara yang efektif dan bertanggung jawab, berpikir kritis, terlibat dalam pembangunan bangsa dan negara serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. masalah dalam penelitian ini dapat dijabarkan adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana peningkatan prestasi belajar dengan menerapkan metode diskusi Siswa Kelas VII SMP NU Hasyim Asyari Malang?; (2) Apakah Dengan Menerapkan Metode Diskusi Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP NU Hasyim Asyari Malang?. Dari hasil keseluruhan yang diperoleh, kemudian dilakukan perbandingan guna mengetahui apakah metode diskusi benar-benar dapat meningkatkan daya serap anak terhadap pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dapat diketahui dari meningkatnya nilai-nilai yang didapat pada latihan. Pada tes A maupun pada tes B, kedua-duanya mengalami kenaikan nilai yang cukup baik. Hal ini berarti menandakan bahwa dengan diadakannya metode diskusi di kelas benar-benar dapat meningkatkan daya serap anak didik terhadap pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pokok Bahasan Masyarakat Politik, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajarnya.

Kata kunci: prestasi belajar, pendidikan kewarganegaraan, metode diskusi

Published
2018-04-30
How to Cite
Koesmiyati, E. (2018). IMPLEMENTASI METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VII DI SMP NU HASYIM ASYARI MALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Likhitaprajna, 19(1), 39-48. Retrieved from http://likhitapradnya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/likhitapradnya/article/view/48
Section
Articles