MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)

  • Fitria Khasanah Universitas Wisnuwardhana Malang

Abstract

Keaktifan siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 5 Malang rata-rata masih 60%  dari total keseluruhan siswa yang ada dengan  KKM sekolah yaitu 75. Berdasarkan masalah tersebut perlunya dilakukan perbaikan proses pembelajaran pada siswa dengan tujuan agar siswa dapat ikut berperan aktif. Sehingga ”Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa?”

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Malang tahun pelajaran 2015/2016.  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 dengan obyek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tahapan dalam penelitian ini yaitu: (1)Plan, (2)Act, (3) observe, (4)  reflect. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Observasi, (2)  Angket, 3) Wawancara, (4) Tes, (5) Dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data yaitu kegiatan pemilihan data, penyederhanaan data serta transformasi data kasar dari hasil catatan lapangan.

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 5 Malang dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 5 Malang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini terbukti dengan meningkatnya keaktifan siswa dari setiap siklusnya yaitu sebelum pembelajaran (0%), siklus I meningkat (21,01%), siklus II meningkat (30,56%), dan siklus III meningkat (50,46%). Kesimpulan tersebut memberikan implikasi bahwa, guru mampu memotivasi siswa agar aktif selama pembelajaran berlangsung.

Kata kunci: STAD, keaktifan

Published
2016-09-05
How to Cite
Khasanah, F. (2016). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION). Jurnal Likhitaprajna, 18(2), 48-57. Retrieved from http://likhitapradnya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/likhitapradnya/article/view/58
Section
Articles