PENTINGNYA KETERAMPILAN BELAJAR DAN KECERDASAN MAJEMUK DALAM KOMPETENSI AKADEMIK SISWA
Abstract
Salah satu keberhasilan dari kegiatan belajar dapat dilihat melalui hasil belajar siswa. Peran guru di dalam kelas sangat penting dalam menunjang keberhasilan belajar siswa. Beberapa hal penting yang mempengaruhi keberhasilan belajar yang jarang sekali diperhatikan oleh guru adalah karakteristik siswa. Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda dengan siswa lainnya. Salah satunya yaitu keterampilan belajar yang merupakan bagian dari kemampuan siswa mencapai suatu kompetensi akademik. Keterampilan belajar sangat membantu seseorang dalam penyelesaian tugas akademik sehingga dapat memperoleh prestasi akademik yang diinginkan. Keterampilan belajar mencakup berbagai keterampilan dan proses kognitif yang terkoordinasi guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran siswa. Selain keterampilan belajar, usaha lain dalam peningkatkan kompetensi akademik dapat juga dilakukan dengan mengidentifikasi multiple intelligences yang dimiliki siswa. Setiap siswa dilahirkan dengan memiliki kecerdasan. Akan tetapi, jenis kecerdasan yang dimiliki masing-masing siswa berbeda-beda.
References
Congos Dennis H. 2011. Developed by, Academic Advisor & Learning Skills Specialist, First Year Advising and Exploration, 116 Phillips Hall, University of Central Florida, Orlando FL, 32816 407-823-3789 Email: dcongos@mail.ucf.edu
DePorter, B., dkk. 1999. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Terjemahan oleh Ari Nilandri. 2000. Bandung: Kaifa.
Gardner, H. 1983. Frame in Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Gardner, H. 2003. Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for The 21st Century. New York: Basic Books.
Gettinger, M., & Seibert, J. K. 2002. Contributions of Study Skills to Academic Competence. School Psychology Review, Volume 31 (3); 350-365.
Hardiani, N. 2007. Hubungan antara Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) dengan Hasil Belajar Matematika dan Kecenderungan Kesalahan Siswa Kelas X SMU Negeri 1 Pamekasan pada Pokok Bahasan Trigonometri. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.
Sudjana, N. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Santrock, J. W. 2011. Educational psychology (5th ed). USA: McGraw-Hill
Schunk, D. H. 2012. Learning theories: an educational perspective (ed.6). Boston: Pearson.
Slavin, R. E. 2008. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek (ed.8). Jakarta: PT Indeks.
Sukmadinata, N. S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Widayanti, F. D. Pengaruh Pengelompokan Siswa Berdasarkan Gaya Belajar dan Multiple Intelligences pada Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Lumajang. Tesis, Program Pascasarjana, Program Studi Magister Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang.
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.