Kelayakan Bahan Ajar Biomodif Materi Animalia untuk Siswa Kelas X SMA
Abstract
This research aim to knowing feasibility of BIOMODIF (Biologi Modul Interaktif) for class X. Research model applied is R&D (Research and Development) with survey method. The instruments utilized in this research were questionnaire. The sample of this research were 3 linguist, 3 material expert, 3 media expert and IT expert. The data analysis technique is by calculating the feasibility score with percentage range were adaptation from Sugiyono. The results of this research obtained a feasibility value of 91%, 90%, 78,8% and 92,5%, which are included within the suitable category of teaching materials. Conclusion from this study indicate that BIOMODIF is acceptable to be used for biology teaching materials of Animalia theory at class X.
References
Aminatun, T., Subali, B., Prihartina, I., Masing, F. A., & Dwiyani, A. (2016). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID MOBILE MATERI EKOSISTEM LOKAL NUSA TENGGARA UNTUK MENINGKATKAN. 223–230.
Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.
Arsiti. (2008). Pendekatan Pembelajaran Konstruktivistik sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas, Kemampuan Belajar Mandiri, dan Hasil Belajar IPS. Universitas Sebelas Maret.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas.
Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, D. P. S. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. https://text-id.123dok.com/document/y86dkk2q-panduan-penyusunan-e-modul-2017-final.html
Ghaliyah, S., F. B. dan S. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Learning Cycle 7E Pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik Untuk Siswa SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015.
Hujair. (2009). Media Pembelajaran. Safiria Insania Press.
Nana, N. (2020). Pengembangan Inovasi Modul Digital dengan Model POE2WE Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Daring di Masa New Normal. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 5, 167–176. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v5i0.46607
Permatasari, E. A., Mudakir, I., Fikri, K., Biologi, P., & Jember, U. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi untuk Kelas IX MIPA SMA. Saintifika, 19(1), 57–65.
Pratama, M., A. J. dan J. M. (2018). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Potensi Daerah Kerinci pada Materi Plantae dan Animalia. Edu-Sains, 7(2), 1–10.
Sadjati, I. M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. In: Hakikat Bahan Ajar. Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suryani, K., Utami, I. S., Khairudin, Ariska, & Rahmadani, A. F. (2020). Pengembangan Modul Digital berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Mata Kuliah Sistem Operasi. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 358–367. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/28702
Winatha, K. R., Suharsono, N., Agustini, K., Informatika, T., Ekonomi, F., Ganesha, U. P., & Ganesha, U. P. (2018). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROYEK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199.
Yayang, E. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Dengan Menggunakan Aplikasi Moodle Pada Mata Kuliah Pengelolaan Perpustakaan. Edutech, 18(1), 25. https://doi.org/10.17509/e.v18i1.14113.
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.