PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS XII IPS 4 SMA NEGERI 1 MANTUP

  • Sugeng Utomo

Abstract

Tujuan Penelitian adalah Untuk mendeskripsikan Strategi pembelajaran dengan teknik jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Siswa Kelas XII IPS 4 di SMA Negeri 1 Mantup Kabupaten Lamongan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan 4 siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Strategi pembelajaran dengan teknik jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Siswa Kelas XII IPS 4 di SMA Negeri 1 Mantup Kabupaten Lamongan. Peningkatan prestasi belajar siswa ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh strategi belajar yang diberikan guru. Motivasi belajar yang tinggi cenderung akan mempengaruhi prestasi belajar yang tinggi pula; (b) Bukti peningkatan prestasi belajar siswa dari kegiatan pembelajaran dapat dijabarkan pada hasil kegiatan siklus 4. Berdasarkan pada observasi yang dilakukan pada siklus sebelumnya dan pada siklus 4 didapatkan temuan sebagai berikut: (a) Teknik Jigsaw salah satu komponen Contextual Teaching and Learning (CTL). Strategi ini dapat dilakukan pada semua mata pelajaran; (b) Strategi pembelajaran dengan menggunakan teknik Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII IPS 4 di SMA Negeri 1 Mantup Kabupaten  Lamongan pada mata pelajaran PKn.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Teknik Jigsaw. Prestasi Belajar, PKn.

Published
2016-04-20
How to Cite
Utomo, S. (2016). PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS XII IPS 4 SMA NEGERI 1 MANTUP. Jurnal Likhitaprajna, 18(1), 68-76. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v18i1.29
Section
Articles