Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
This research aims to analyze based on the Indonesian language learning style of class VA SDN Kalicari 01 for the 2023/2024 academic year. The research method used is descriptive qualitative. The research sample was the VA class of SDN Kalicari 01. The data collection techniques used were observation, distributing questionnaires, and interviews. The results of the analysis determining the most dominant learning style are the visual learning style with a frequency of 13 percentages of 46.43%. The auditory learning style with a frequency of 10 percentages of 35.71%. The learning style that is the least is kinesthetic with a frequency of 5percentage of 17.86%.
References
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, & H, N. (2019).
Alhafiz, N. (2022). Analisis profil gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913-1922.
Arumsari, D. M. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 111–119.
Asriyanti, F. D., & Jannah, L. A. (2019). Analisis Gaya Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 183-187
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.
Hutabarat, N. M., & Siahaan, P. R. A. (2024). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas Viii Smp Sekolah Yapendak Kec. Ujung Padang. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 6(1), 119-128.
Katsaris, I., & Vidakis, N. (2021). Adaptive e-learning systems through learning styles: A review of the literature. Advances in Mobile Learning Educational Research, 1(2), 124–145. https://doi.org/10.25082/AMLER.2021.02.007
Kurniati, A., & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(1), 87–103.
Perangin-angin, A. (2020). Perbedaan hasil belajar siswa yang di ajar dengan model Pembelajaran elaborasi dengan model pembelajaran konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43-50.
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan antara gaya belajar dan keaktifan belajar matematika terhadap hasil belajar siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83-88.
Putri, W. O. N., Rusnayati, H., & Purwana, U. (2020). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 32(5), 108–114.
Rahmawati. (2023). Pengaruh Metode Peta Konsep Berbasis Online Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Konsep Gaya Siswa Kelas IV SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 7(September), 1–23.
Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 291-296.
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Copyright (c) 2024 Erin Syefa Puspita, Mira Azizah, Nur Rofiatun, Mei Fita Asri Untari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.