Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Daerahku Kebanggaanku dengan Media Kuis Interaktif Di Kelas V SD
Abstract
This Classroom Action Research aims to improve the learning outcomes of fifth-grade students in Science (IPAS) by implementing Problem-Based Learning (PBL) supported by interactive quizzes. The study was conducted at an elementary school involving 26 students over two cycles, encompassing planning, action, observation, and reflection stages. Data were collected through tests, observations, and interviews. The results indicate that PBL with interactive quizzes significantly enhances student engagement and understanding, as evidenced by the increase in test scores and positive feedback. The percentage of learning outcomes improved from 57.7% in the pre-cycle to 69.2% in Cycle I, and reached 92.3% in Cycle II. Observations and interviews also showed that students felt more interested, motivated, and better understood the material through this method. Thus, the use of interactive quizzes in PBL has proven effective in enhancing student learning outcomes.
References
Aniqoh, U. A., Setyorini, K., & Widagdo, A. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V SDN Rowosari 02 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Pemainan Monopoli. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 1184-1198.
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Cahyani, D. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Quizizz. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 2, pp. 1298-1307).
Dewi, S. A., Marlina, D., & Kusumawati, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Menggunakan Model PBL Berbantuan E-Book Interaktif Pada Siswa Kelas IV. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6761-6773.
Hafid, A., & Mayasari, N. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Media LKPD dan Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 3(1), 19-33.
Hanaunnadiya, F., & Huda, C. (2023, July). 10. Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Kuis Interaktif Pada Tema 7 Siswa Kelas II SDN 1 Bugo. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 1, pp. 76-86).
Idawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Dalam Kehidupan Sehari-hari Pada Siswa Kelas VII. B SMP Negeri 1 Balocci. Global Journal Science IPA, 1(4), 297-306.
Kholifah, M., & Nuvitalia, D. (2023). 54. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint Interaktif pada Kelas V SDN Pati Lor 05. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 1, pp. 481-488).
Kusuma, E. (2024). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1566-1573.
Lider, G. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI semester 1 SD Negeri 5 Sangsit. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 189-198.
Listianah, A., Isdaryanti, B., & Azizah, L. N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas VB SDN Bendan Ngisor Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media WordWall. Joyful Learning Journal, 13(1), 9-18.
Magfiroh, R. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika, 3(2), 123-138.
Nahdhiah, U., Rahayuningsih, S., & Untari, S. (2024). Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Perkembangan Teknologi Transportasi Pada Siswa Kelas Tiga Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6578-6589.
Nirwana, S., Azizah, M., & Hartati, H. (2024). Analisis Penerapan Problem Based Learning berbantu Quizizz pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 155-164.
Nisa, A. C. (2023). Meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik melalui model problem based learning berbantu quizizz. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 310-317.
Panggabean, C. P., & Sinambela, P. N. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan media Quizizz untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Swasta RA Kartini Tebing Tinggi. Journal on Education, 5(4), 13899-13906.
Prastiwi, E., & Halidjah, S. (2024). Penerapan Model PBL Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 278-288.
Rahmah, R., Alimin, A., & Muthmainnah, A. (2023). Implementasi Games Wordwall (Wordsearch) dalam Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1051-1058.
Ramadhany, L. A. (2023). Pembelajaran The Power of Two Berbantuan Media Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 2, pp. 1362-1369).
Ratnawati, W., Retno, R. S., & Triastuti, N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pemanfaatan Media Quizizz Pada Peserta didik Kelas 5 SDN Wonosari 2. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(1), 14-25.
Setiani, W., & Wijayanti, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Tema Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Model PBL Berbantuan Media Kuis Interaktif Kelas III SDN Sidalang 01. Indonesian Journal of Elementary School, 2(2).
Untari, M. F. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tema 1 Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Di Kelas Iii Sd. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 2, pp. 3216-3222).
Wandira, I., Ali, A., & Ngandoh, S. T. (2024). Penerapan Model Problem Based Laerning Berbantuan Game Edukasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 876-888.
Watie, R. H., Riskawati, R., & Baharuddin, H. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif IPA Peserta didik pada Materi Panas dan Perpindahannya Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 1-8.
Wedayanti, L. A., & Wiarta, I. W. (2022). Multimedia interaktif berbasis problem based learning pada muatan matematika kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 113-122.
Windayanti, W. (2023). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perubahan Sosial Dan Globalisasi Di Kelas IX SMPN 1 Karang Intan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Darussalam, 24(01).
Copyright (c) 2024 Indah Auliya Agustiningrum, Nurul Kusuma Dewi, Dita Mayang Ayuningtiyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.