Petunjuk Penulisan
Dewan Editor menerima naskah karya ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun ulasan ilmiah yang belum pernah dipublikasikan di jurnal laiinnya. Semua yang terdapat dalam artikel diluar tanggung jawab pengelola jurnal Likithaprajna dan editor memiliki hak untuk melakukan proses editing redaksional tanpa mengubah arti dari isi artikel.
Pengetikan Naskah
Artikel ditulis pada ukuran kertas A4 21.0 x 29.7 cm dengan format satu kolom dan margin atas dan bawah 3 cm, kiri 3.5 cm, kanan 2.5 cm, format MS Word menggunakan Time New Roman 12 pt (kecuali judul gambar dan tabel 11 pt), spasi 1, setiap paragraf menjorok 0.75 cm). Jumlah halaman minimum 10 halaman dan maksimum 15 halaman
Tata cara penulisan naskah sebagai berikut :
Judul Artikel : Judul ditulis harus ringkas dan jelas. Huruf dicetak tebal (Bold), rata kanan dengan font Times New Roman ukuran 12 pt; Nama Penulis : Nama penulis ditulis tanpa gelar dibawah judul artikel. Huruf dicetak tebal, rata kanan dan menggunakan font Times New Roman ukuran 12 pt. Di bawah nama penulis diberi catatan yang menunjukkan Institusi yang membawahinya dengan ukuran 10 pt; Abstrak : Artikel diawali dengan abstrak maksimum 200 kata ditulis dalam bahasa Inggris dengan huruf Times New Roman 10 pt. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat mulai permasalahan, tujuan, metode, serta ringkasan hasil yang telah dicapai; Kata kunci: Karta kunci terletak di bawah abstrak pada artikel yang terdiri dari 3 sampai 5 kata; Isi naskah: meliputi pendahuluan (dengan informasi latar belakang, kajian pustaka, tujuan dan manfaat, kerangka teori, dll), Metode, Hasil dan Pembahasan, dan Simpulan; Jika perlu, teks dapat dilengkapi dengan tabel, gambar, atau ilustrasi lainnya; Ucapan Terima Kasih: disertakan dalam naskah jika diperlukan; Daftar Pustaka: Referensi dalam daftar pustaka terbatas pada literatur yang dikutip dalam naskah.
Penulisan Daftar Pustaka
Penulisan Daftar Pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, End Note, Zotero, atau lainnya. Format penulisan yang digunakan di jurnal Prisma adalah sesuai dengan format APA (American Psychological Association).
Jurnal Cetak
Widayanti, F. D. (2017). Pemberdayaan Mahasiswa melalui Pengelompokan berdasarkan Jenis Modalitas Belajar. Likhitaprajna, 19(1), 100–109.
Jurnal Online
Subanji, & Nusantara, T. (2013). Karakterisasi Kesalahan Berpikir Siswa Dalam Mengonstruksi Konsep Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 208–217. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v19i2.4215
Buku
Gardner, H. 2003. Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for The 21st Century. New York: Basic Books.
Winch, C. (2006). Graduate attributes and changing conceptions of learning. Dalam Hager, P. & Holland, S., Graduate attributes, learning and employability, (pp. 67-90). Dordrecht: Springer.
(jika penulis lebih dari satu, harus disebutkan semuanya)
Artikel dalam surat kabar/majalah:
Suryaningsih, A. (2013, 10 Desember). Tiga pilar pendidikan. Sinar Harapan, 4.
(Jika online, ditambahkan dengan alamat website-nya).
Makalah
Iskandar, S. M. (2001). Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif untuk Mengatasi Kesulitan Siswa Kelas 1 SMU Memahami Pokok Bahasan Alkana, Alkena, dan Alkuna dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme. Makalah dipresentasikan dalam Procceding National Seminar on Science and Mathematics Education, Universitas Negeri Malang.
(jika online, tambahkan alamat website-nya)
Disertasi/Tesis
Widayanti, F. D. (2010). Pengaruh Pengelompokan Mahasiswa Berdasarkan Modalitas Belajar dan Multiple Intelligences pada Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Kimia Mahasiswa Kelas XI IPA SMAN 3 Lumajang. Universitas Negeri Malang (Tesis UM).
Peraturan
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi