KONSEP PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM PENDIDIKAN IPS DI SEKOLAH DASAR

  • Tri Sukitman

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu indikator dari perkembangan peradaban sebuah Negara. Melalui pendidikanlah manusia akan terus berkembang sesuai dengan tuntutan dunia global, dengan pendidikanlah jendela dunia akan terbuka sehingga akan nampak jelas bahwa di dunia pengetahuan semua akan terungkap dengan nyata. Namun, realitanya pendidikan di Indonesia masih perlu untuk ditingkatkan khususnya pada pembelajaran yang berlangsung di tingkat Sekolah Dasar (SD). Pembelajaran yang seharusnya menjadi fokus guru untuk mengembangkan segala aspek potensi siswanya menjadi terbengkalai yang diakibatkan oleh kurangnya pemahaman guru dalam proses pembelajaran dengan tidak memperhatikan aspek kecerdasan yang dimiliki oleh setiap siswanya. Siswa di dalam kelas mempunyai karakter kecerdasan yang berbeda-beda. Dengan demikian, selayaknya guru memperhatikan perbedaan karakter tersebut. Sehingga konsep pembelajaran multiple intelligence merupakan salah satu alternatif dalam mengembangkan pembelajaran di Sekolah Dasar (SD). 

Published
2016-04-20
How to Cite
Sukitman, T. (2016). KONSEP PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM PENDIDIKAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Likhitaprajna, 18(1), 1-12. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v18i1.24
Section
Articles