PENINGKATAN KERJASAMA SISWA KELAS V SDN ARGOYUWONO 1 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

  • Khoirul Efendiy Universitas Wisnuwardhana

Abstract

Keterampilan kerjasama sangat dibutuhkan pada era saat ini, karena manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri, sehingga manusia butuh kehadiran orang lain untuk membantu memenuhi kebutuhan hidupnya. Keterampilan kerjasama dapat diajarkan kepada siswa, karena keterampilan kerjasama bukan keterampilan bawaan atau keterampilan warisan. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengajarkan siswa keterampilan kerjasama kepada siswa adalah model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Untuk hasil yang optimal digunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan siklus dalam proses pembelajarannya. Hasil dari penerapan model pembelajaran STAD adalah peningkatan keterampilan kerjasama siswa secara signifikan.

 

Kata kunci: Student Team Achievement Division, STAD, kerjasama
Published
2017-09-05
How to Cite
Efendiy, K. (2017). PENINGKATAN KERJASAMA SISWA KELAS V SDN ARGOYUWONO 1 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). Jurnal Likhitaprajna, 19(2), 101-110. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v19i2.142
Section
Articles