PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL
Abstract
Indonesia adalah salah satu negara multikultural terbesar di dunia (Yaqin, 2005:3). Kemajemukan tersebut baik secara horizontal maupun vertikal. Keragaman budaya merupakan khasanah bangsa yang sangat bernilai, tetapi di sisi lain, keragaman yang tidak terkelola akan dapat menimbulkan berbagai persoalan seperti yang sering dihadapi bangsa ini. Pembelajaran Bahasa Indonesia hendaknya dikembangkan dengan pendekatan kontekstual. Pembelajaran-pembelajaran bahasa perlu dikaitkan dengan konteks yang ada, baik konteks verbal maupun konteks nonverbal. Dengan pembelajaran yang kontekstual, anak didik akan terbiasa peka dengan situasi, suasana pembicaraan, lawan bicara dan penutur lain.
Published
2015-04-01
How to Cite
Setiawan, I. (2015). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL. Jurnal Likhitaprajna, 17(1), 1-9. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v17i1.2
Issue
Section
Articles
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.