PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL

  • Iwan Setiawan Universitas Wisnuwardhana Malang

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara multikultural terbesar di dunia (Yaqin, 2005:3). Kemajemukan tersebut baik secara horizontal maupun vertikal. Keragaman budaya merupakan khasanah bangsa yang sangat bernilai, tetapi di sisi lain, keragaman yang tidak terkelola akan dapat menimbulkan berbagai persoalan seperti yang sering dihadapi bangsa ini. Pembelajaran Bahasa Indonesia hendaknya dikembangkan dengan pendekatan kontekstual. Pembelajaran-pembelajaran bahasa perlu dikaitkan dengan konteks yang ada, baik konteks verbal maupun konteks nonverbal. Dengan pembelajaran yang kontekstual, anak didik akan terbiasa peka dengan situasi, suasana pembicaraan, lawan bicara dan penutur lain.
Published
2015-04-01
How to Cite
Setiawan, I. (2015). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL. Jurnal Likhitaprajna, 17(1), 1-9. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v17i1.2
Section
Articles