Pembaharuan Strategi dan Metode Pembelajaran pada Jurusan MIPA Di MA Abu Amr

  • Lailatul Mustaidah Program Studi Pendidikan Biologi ITS NU Pasuruan
  • Ighfirli Maisaroh Program Studi Pendidikan Biologi ITS NU Pasuruan
  • Luklu’ul Karimah Program Studi Pendidikan Biologi ITS NU Pasuruan
  • Lisa Ariyanti Program Studi Pendidikan Biologi ITS NU Pasuruan
Keywords: renewal, strategies, methods, students of MA Abu Amr

Abstract

In the learning process, teachers play an important role in implementing effective and efficient learning. Teachers need several strategies and methods used in order to improve student learning outcomes. This study aims to determine the effectiveness of strategies and methods applied in class X MA Abu Amr. The research method used is the survey method, through interviews and distributing questionnaires in the form of paper questions to 24 students. Then the data collection techniques in this study include observation, interviews, and documentation. Based on the results of the study, it can be concluded that the methods and strategies by MA Abu Amr in class X are effective, but due to minimal facilities, students are less satisfied in the learning process and learning seems monotonous. The lack of facilities at MA Abu Amr is due to the majors system carried out in class XI in accordance with the independent curriculum, the reason the school has not completed the facilities is because it is feared that there will be a lack of interest in new students in the MIPA department. However, from the results of the research, it was found that there was a fairly high interest from MA Abu Amr students in the MIPA major.

References

Warsono & Hariyanto.(2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Darmuki. A. & Hariyadi, A.(2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO: Jurnal ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 256-267.

Wariyanti, A.(2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Pada Subtema Keindahan Alam Negeriku. Jurnal Review Pendidikan Dasar:Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2), 1019-1024.

Kristianingsih, D. (2010). Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri dengan metode pictorial riddle pada pokok bahasan alat-alat optik di SMP.hermal Pendidikan...6.

Sulianti, A., & Murdinono, M.(2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS,4(2). https://doi.org/10.21831/hsjp.v412.10020

Herdiansyah, D., & Kurminti, P.S.(2020). Pembangunan Sektor Pendidikan Sebagai Penunjang Indeks Pembangunan Manusia Di Kota Bandung. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 8(1), 43-50.

Akhdiyat, A. M., & Hidayat, W.(2018). Pengaruh kemandirian belajar matematik siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma, 1(6), 1045–1054.

Miftakhuddin, Hardiansyah, H., & Kamil, N.(2022). Implikasi Empat Modalitas Belajar Fleming Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Sangkalemo: The Elementary School Teacher Education Journal, 1(2), 38–49. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/SANGKALEMO/article/view/5110

Abraham, Maslow.1994. Motivasi dan kepribadian terjemah Nurul iman, Jakarta pustaka Bunamas Pressindo 1994), cet. Ke-4.

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Daryanto, dkk.(2014 ). Pengembangan perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, dan Bahan Ajar ). Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.

Nur, Mahammad.1987. Keterampilan Proses Belajar IPA dan Hakekat Pelajaran. Dirjen Dikdasmen Jakarta.

Warsita, Bambang.(2008). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang, Riyanto.(2012). Dasar-dasar Pembelanjaan. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Mulyani, L.(2012). Analisis Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inquiry & Discovery Di TK Islam Semesta Khatulistiwa Pontian. Pendidikan.

Ristiana, G., & Dahlan, A.(2021). Pandangan Mahasiswa Calon Guru dalam Penggunaan Model Gamifikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran.

Sopian, A.(2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2). https://doi.org/10.48094/raudhah.v412.47.

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Hilmy, M. F. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana Diniyah Taklimiah. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(2). https://doi.org/10.15575/isema.v312.5007.

Permendikbud No. 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Published
2023-06-01
How to Cite
Mustaidah, L., Maisaroh, I., Karimah, L., & Ariyanti, L. (2023). Pembaharuan Strategi dan Metode Pembelajaran pada Jurusan MIPA Di MA Abu Amr. Jurnal Likhitaprajna, 25(1), 18-28. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v25i1.235
Section
Articles