PEMBENTUKAN KARAKTER INDIVIDU MELALUI TOKOH-TOKOH DALAM TETRALOGI LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan khusus untuk mendeskripsikan  nilai: 1) religius, 2) etis/moral, dan (3) tanggung jawab yang dimiliki tokoh dalam tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata menjalani kehidupan yang layak dijadikan model pendidikan karakter bagi individu. Kajian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra, analisis teks, menggunakan teori Realitas yang dikembangkan oleh William Glasser dan dipadu dengan kebudayaan Timur. Ditinjau dari paradigma dan pendekatan yang digunakan, penelitian ini merupakan penelitian Kajian Pustaka. Hal tersebut karena pelaksanaan penelitian menggunakan novel dan bahan pustaka sebagai acuan. Data penelitian berwujud teks tulis berupa novel tetralogi Laskar Pelangi yang terangkum dalam kata-kata, diksi, untaian kalimat, paragraf-paragraf terkait dengan nilai-nilai religius, etis/moral dan tanggung jawab tokoh dalam tetralogi Laskar Pelangi.  Sumber data penelitian ini adalah novel tetralogi Laskar Pelangi yang meliputi Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov karya Andrea Hirata. Rangkaian analisis data adalah sebagai berikut (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data sekaligus analisis data, dan (4) kesimpulan. Jika kesimpulan diragukan, dilakukan triangulasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa setiap individu harus selalu berpegang pada aturan yang berupa nilai religius, nilai etis, dan bertanggung jawab. Adanya kebermaknaan dalam kehidupan sehari-hari, menjadikan tokoh-tokoh novel sebagai model dalam pembelajaran karakter bagi individu.
Kata Kunci: Â psikologi sastra, pembentukan karakter, individu, tokoh-tokoh, tetralogi Laskar PelangiPenulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.