PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS MULTIPLE INTELEGENSI BERPENDEKATAN OBSERVATION BASED LEARNING

  • Nuraina Nuraina

Abstract

Pembelajaran menjadi lebih menarik bagi siswa khususnya dan bagi sekolah pada umumnya sehingga tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dari setiap kompetensi dasar bisa tercapai dan siswa mampu melakukan belajar tuntas. Oleh karena itu penyusunan perangkat pembelajaran mensyaratkan beberapa hal, sebagai berikut (1) harus mampu menstimulasi peserta didik untuk beraktivitas secara kreatif dan inovatif, (2) bahan ajar yang digunakan hendaknya disusun dengan optimalisasi modalitas belajar dengan penyajian teks baik berbentuk verbal maupun non-verbal secara bervariasi, dan (3) penyusunan bahan ajar hendaknya memiliki makna dan manfaat bagi peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan pendekatan observation based learning, dan (2) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran dalam hal peningkatan kompetensi peserta didik. Selain itu, pengembangan ini diharapkan dapat membawa perubahan dalam diri peserta didik sehingga di samping peserta didik tertarik dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia sekaligus mereka mampu mencapai kompetensi yang diharapkan.

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, multiple intelligences , observation based learning, Kurikulum 2013

Published
2014-09-08
How to Cite
Nuraina, N. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS MULTIPLE INTELEGENSI BERPENDEKATAN OBSERVATION BASED LEARNING. Jurnal Likhitaprajna, 16(2), 37-44. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v16i2.37
Section
Articles