Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Discovery Learning dan Media Interaktif: Literature Review
Abstract
This research examines the utilization of various types of learning media in the Discovery Learning model in Indonesian language subjects. Using a qualitative descriptive approach through a literature review, this study analyzed ten relevant scientific articles during the period 2013 to 2023. The findings show that audiovisual media, story-based media and interactive digital media significantly improve students' writing and speaking skills. The use of such media creates an engaging and active learning experience, which has a positive impact on learning outcomes. Appropriate media selection is essential to improve learning effectiveness. This study recommends that educators explore further media that suit students' characteristics and increase training in the use of technology to support more engaging learning.
References
Badelah, B. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran Menulis Teks Drama Menggunakan Media Cerpen Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 2 Sakra. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1), 1-13.
Fariani, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Pendek Secara Tertulis Menggunakan Model Discovery Learning dan Media Dongeng pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Dumai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1334-1344.
Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. A. (2017). Penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial melalui discovery learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79-88.
Hapsari, T. P. R. N., & Wulandari, A. (2020). Analisis kelayakan buku ajar milenial berbasis augmented reality (AR) sebagai media pembelajaran teks prosedur di magelang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(4), 351-364.
Hasnunidah, N. (2017). Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: media akademi.
Himawan, R. (2020). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran teks puisi rakyat di SMP. Prosiding samasta.
Jafnihirda, L., Suparmi, S., Ambiyar, A., Rizal, F., & Pratiwi, K. E. (2023). Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif E-Modul. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(1), 227-239.
Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Zahara, G. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 710-716.
Khasinah, S. (2021). Discovery learning: definisi, sintaksis, keunggulan dan kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413.
Pinem, M. L. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa pada Materi Menelaah Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Cerpen dengan Model Discovery Learning melalui Media Gather Town Di SMP St. Ignasius TP. 2021/2022. Quaerite Veritatem: Jurnal Pendidikan, 2(1), 61-70.
Ridwan, A., Abdurrohim, A., & Mustofa, T. (2023). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn Plawad 04. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 276-283.
Salinda, C., Gasanti, R., & Solihin, R. K. (2023). Model discovery learning dan media audiovisual dalam pembelajaran menulis teks biografi. Prosiding Serimbi, 1(1), 17-23.
Septiani, W., & Amir, A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning pada Materi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 1 Sarolangun Provinsi Jambi. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(11), 2582-2592.
Simbolon, J. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Literasi di Sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(01), 162-171.
Tondang, H. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Video Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa SMPN 4 Medan. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(2), 01-12.
Yuniasih, Y. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Videoscribe Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Di SMKN 1 Cangkringan. LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1), 1-11.
Zanah, D. N., Putri, C., & Melati, I. I. (2023). Penggunaan Media Video Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia dengan Model Discovery Learning. Journal of Education Research, 4(2), 592-598.
Copyright (c) 2025 M. Naufal Annajar, Bambang Riadi, Rahmat Prayogi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

