HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR PKn DENGAN TINGKAT KESADARAN MORAL SISWA KELAS VII DI MTs SUNAN KALIJOGO KABUPATEN MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara prestasi belajar Pkn dengan tingkat kesadaran moral siswa, yaitu kesadaran siswa untuk mematuhi norma yang berlaku di masyarakat, baik itu norma keagamaan, norma hukum, norma kesopanan maupun norma kesusilaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo Kabupaten Malang yang berjumlah 40 siswa. Untuk memperoleh data prestasi belajar digunakan metode dokumentasi, yaitu melihat nilai total dari ulangan harian, sikap, tugas dan Ujian Akhir Semester pada semester ganjil, dan untuk memperoleh data tingkat kesadaran moral siswa digunakan metode kuisioner dengan instrument berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara prestasi belajar PKn dengan tingkat kesadaran moral keagamaan siswa, tidak ada hubungan antara prestasi belajar PKn dengan tingkat kesadaran moral hukum siswa, tidak ada hubungan antara prestasi belajar PKn dengan tingkat kesadaran moral kesopanan siswa dan tidak ada hubungan antara prestasi belajar PKn dengan tingkat kesadaran moral kesusilaan siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, kiranya dapat dijadikan pertimbangan bagi orang tua dan guru dalam meningkatkan pembinaan kesadaran moral sekaligus prestasi belajar siswa.
Kata kunci: prestasi belajar PKn, tingkat kesadaran moral
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.