PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA PADA MASYARAKAT SISWA KELAS IX-D SMP NEGERI 1 KOTA KEDIRI

  • Siti Insiyah

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model STAD yang dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan rencana model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-D SMP Negeri 1 Kota Kediri tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan menggunakan instrumen berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Bahan Ajar, (3) Lembar Kerja Siswa, (4) Format Observasi Pelaksanaan Pembelajaran, dan (5) Naskah Soal Uraian. Kriteria refleksi untuk aktivitas pembelajaran menggunakan skor hasil pengamatan, sedangkan kriteria refleksi untuk hasil belajar peserta didk menggunakan KKM klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX-D SMP Negeri 1 Kota Kediri dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX-D SMP Negeri 1 Kota Kediri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: model pembelajaran, STAD, aktivitas pembelajaran, hasil belajar

Published
2015-04-01
How to Cite
Insiyah, S. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA PADA MASYARAKAT SISWA KELAS IX-D SMP NEGERI 1 KOTA KEDIRI. Jurnal Likhitaprajna, 17(1), 38-46. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v17i1.5
Section
Articles