PENGARUH MODEL THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII SMP KARTIKA IV 8 MALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini dirumuskan, Apakah Pengaruh Model Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran PKn di Kelas VII SMP Kartika IV 8 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018? dan Bagaimanakah Pengaruh Model Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran PKn di Kelas VII SMP Kartika IV 8 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Subjek penelitian tindakan adalah siswa Kelas VII SMP Kartika Malang dengan jumlah siswa 36 orang, terdiri dari laki-laki 18 orang dan perempuan 18 orang. Langkah-langkah analisis data meliputi; 1) mereduksi data, 2) menyajikan data, 3) menyimpulkan data. Hasil penelitian diharapkan bermanfaat, teoretis maupun bersifat praktis maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan peningkatan motivasi dengan penerapan model Think-Pair-Share (TPS) siswa Kelas VII SMP Kartika IV 8 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018 pada siklus I dikategorikan belum maksimal karena berbagai hambatan yang dialami oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, perencanaan pada siklus II semua hambatan yang dihadapi pada siklus I sudah dapat diantisipasi sehingga pembelajaran dapat dioptimalkan; (2) Pelaksanaan peningkatan motivasi siswa Kelas VII SMP Kartika IV 8 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018 pada siklus I dikategorikan belum mencapai target yang diinginkan karena berbagai kendala yang dialami oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Namun pada siklus II terjadi perubahan peningkatan yang signifikan karena semua kendala dapat diantisipasi dan direvisi dari berbagai kekurangan yang dihadapi pada siklus I. Pada siklus I aktivitas siswa belum menampakkan keseriusan baik kegiatan kelompok maupun pada kegiatan presentasi kelas. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas siswa, terlihat pada keaktifan siswa bertanya dan merespons pertanyaan.
Kata kunci: model think pair share, motivasi belajar siswa
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.