PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V

  • Claudia Silvia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana Bengkayang, Indonesia
  • Margaretha Lydia Sumarni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana Bengkayang, Indonesia
  • Kusnanto Kusnanto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana Bengkayang, Indonesia

Abstract

This research seeks to enhance the engagement and educational results in Indonesian language for fifth grade pupils by utilizing animated videos as a teaching tool. The foundation of this research is rooted in the low student engagement and poor performance in Indonesian language classes, which have not achieved the Minimum Mastery Criteria (MMC). This problem arises from repetitive teaching techniques and the absence of stimulating, interactive resources in education. The research utilized a Classroom Action Research (CAR) methodology carried out in two phases. Every cycle included stages of planning, executing, observing, and reflecting. The study participants were fifth graders at a public elementary school. Data were gathered utilizing observations of student learning activities, questionnaires on learning interest, and tests of academic achievement. The findings revealed that incorporating animated videos greatly heightened students' interest, as demonstrated by their lively involvement, excitement, and engagement throughout the lessons. Furthermore, students' academic results enhanced in every cycle. Consequently, animated video content has shown to be effective in improving both engagement and educational results in Indonesian language for fifth graders, acting as an appealing and pertinent option to meet the learning requirements of modern students.

References

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159.

Triyanto, E., Anitah, S., & Suryani, N. (2013). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pemanfaatan media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 226-238.

Artayasa, I. P., Muhlis, M., Sukarso, A., & Hadiprayitno, G. (2021). Penyuluhan Pembuatan Video Animasi Pembelajaran di SMPN 3 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 111-117.

Purwanti, D., Irawati, I., Adiwisastra, J., & Bekti, H. (2019). Implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru berdasarkan sistem zonasi di kota Bandung. Jurnal Governansi, 5(1), 12-23.

Ardiansyah, A., Sarinah, S., Susilawati, S., & Juanda, J. (2022). Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Jurnal Kependidikan, 7(1), 25-31.

Sarlin, M., & Mursid, K. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. JAMBURA Elementary Education Journal, 1(1), 1-13.

Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72-80.

Artayasa, I. P., Muhlis, M., Sukarso, A., & Hadiprayitno, G. (2021). Penyuluhan Pembuatan Video Animasi Pembelajaran di SMPN 3 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 111-117.

Simarmata, J., & Mujiarto, M. (2019). Multimedia Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis prestasi belajar matematika pada masa pandemi ditinjau dari minat belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).

Herawati, L., & Irwandi, I. (2019, October). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Hake, B. J. (1999). Lifelong learning in late modernity: The challenges to society, organizations, and individuals. Adult education quarterly, 49(2), 79-90.

Hijjayati, Zul, Muhammad Makki, and Itsna Oktaviyanti. "Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di sdn sapit." Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7.3b (2022): 1435-1443.

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis teknologi pembelajaran dalam pendidikan Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 150-157.

Siswadi, G. A. (2023). KONSEP PENDIDIKAN DALAM PANDANGAN ALVIN TOFFLER DAN GAGASANNYA TENTANG PENDIDIKAN DI MASA DEPAN. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 28(2), 224-234.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Hartati, S., Fatmawati, L., & Krismilah, T. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Game Edukatif Pada Pembelajaran Tematik Muatan Ipa Kelas V Sd Masjid Syuhada. Report, Universitas Ahmad Dahlan.

Ali, Muhammad. 2020. “Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar.” PERNIK 3.1 35-44.

Apriyanto, M. Tohimin, and Lilis Herlina. 2020. “Analisis prestasi belajar matematika pada masa pandemi ditinjau dari minat belajar siswa.” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 6.1.

Ardiansyah, Sarinah, Susilawati, dan Juanda. 2022. “KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD.” Jurnal Kependidikan 25-31.

Ariandhini, Edwina, dan Indri Anugraheni. 2022. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Animaker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Puisi Mapel Bahasa Indonesia Kelas 3 SD.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 242-252.

Artayasa, Putu, Muhlis, Aa Sukarso, dan Gito Hadiprayitno. 2021. “Penyuluhan Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Di SMPN 3 Mataram.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 2655-5263.

Erni Yolanda SitumorangLasmaria Lumban Tobing, Robinhot Sihombing, Abai Manupak Tambunan, Erika Cristine Panggabean. 2024. “PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 178314SIBORONGBORONG TAHUN 2024.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 33356-3365.

Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. 2019. “Peningkatan EfektivtasPembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork.” JurnalManajemen Pendidikan 843–850.

Gusnayetti. 2020. “Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi.” Ensiklopedia ofJournal 15–22.

Hanny Rahma Sari, Ika Yatri. 2023. “Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar.” Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 159-166.

Harianto, E. 2020. “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” DIDAKTIKA.

Irawan, Tia, Taufiqulloh Dahlan, dan Fina Fitrianisah. 2021. “ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASIBELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 212-225.

Irwandi, Winarti, A, dan Zaini, M. 2019. “Kepraktisan buku ilmiah populer tentangpenyu untuk siswa SMA kawasan pesisir.” ProsidingSeminarNasionalLingkungan Lahan Basah 4: 548-554.

Jumrah, Anggriani, S., & Hardiyanti, S. 2022. “Pengaruh Self-Confidenceterhadap Hasil Belajar MatematikaSiswa.” Al-Irsyad Journal ofMathematics Education 88-94.

Khair, U. 2018. “Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI.AR-RIAYAH .” Jurnal Pendidikan Dasar 2(1), 81.

Lestari, Dwi Aulia, dan Wintolo Tri Apoko. 2022. “Efektivitas Video Animasi melalui YouTube terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesiapada Siswa Sekolah Dasar.” JURNAL BASICEDU 5953-5960.

Published
2025-09-08
How to Cite
Silvia, C., Sumarni, M., & Kusnanto, K. (2025). PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V. Jurnal Likhitaprajna, 27(2), 162-171. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v27i2.556