MEMINIMALISIR KESALAHAN KONSEP KOMBINATORIK MELALUI PEMBELAJARAN PACE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses meminimalkan kesalahan konsep kombinatorik melalui model pembelajaran PACE pada mahasiswa semester III Universitas Wisnuwardhana Malang. Metode pengambilan datanya dilakukan secara verbal, sehingga penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Pengambilan data diawali dengan mahasiswa diminta untuk mengerjakan soal yang berkaitan dengan masalah kombinatorik. Mahasiswa yang banyak mengalami kesalahan dilanjutkan dengan wawancara oleh peneliti. Dari data yang diperoleh dilanjutkan dengan penerapan model pembelajaran PACE yang terdiri dari (1) project; (2) activity; (3) cooperative; dan (4) exercise. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengalami kesalahan berkurang, hal ini berartikesalahan konsep kombinatorik dapat diminimalkan dengan penerapan model pembelajaran PACE.
Kata kunci: konsep, kombinatorika, pembelajaran PACE
Â
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.