PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian yang didapatkan yaitu, pengembagan instrumen penilaian motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika pada matakuliah fisika dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Instrumen yang dikembangkan berupa kuosioner dengan lima skala Likert. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP-Unidha yang menempuh matakuliah Fisika dasar. Dari hasil peneltian dapat diketahui bahwa sebanyak 13,33% mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi mendapatkan nilai A, sebanyak 26,67% mahasiswa mendapatkan nilai A-, sebanyak 36,67% mendapatkan nilai B+, sebanyak 23,33% mahasiswa mendapatkan nilai B, dan tidak ada mahasiswa yang mendapatkan nilai dibawah B. Sedangkan untuk mahasiswa dengan motivasi sedang, tidak ada mahasiswa yang mendapatkan nilai A, sebanyak 20% mahasiswa mendapatkan nilai A-, sebanyak 20% mahasiswa mendapatkan niai B+, sebanyak 60% mahasiswa mendapatkan nilai B, dan tidak ada mahasiswa yang mendapatkan nilai dibawah nilai B. Instrumen yang dikembangkan ini efektif dan dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Universitas Wisnuwardhana.
Kata Kunci: instrumen penilaian, motivasi belajar, pendidikan matematika
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.