MENUMBUHKAN PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BERKELANJUTAN
Abstract
Pembelajaran berkelanjutan bagi guru adalah usaha pengembangan profesionaldengan meningkatkan empat kompetensi (Kompetensi pedagogik, profesional,
kepribadian, dan sosial). Upaya ini diperlukan untuk memantapkan formulasi
kompetensi, sehingga memiliki nilai-nilai yang lebih fungsional, sosial, maupun
kepribadiannya sehingga akan menjadi guru yang bermartabat, disenangi siswanya,
dan melakukan pembelajaran secara efektif. Pembelajaran berkelanjutan, merupakan
langkah pengembangan profesionalitas yang terus menerus harus dilakukan dinamis,
dan meningkat, hal tersebut dilakukan oleh tiap guru. Kebijaksanaan Pemerintah
untuk mewadai pelaksanaan pembelajaran berkelanjutan terutama untuk guru-guru
yang memiliki kompetensi di bawah standar adalah pengembangan keprofesian
berkelanjutan (PKB) yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan guru untuk
mencapai standar kompetensi profesi dan/atau meningkatkan kompetensinya di atas
standar kompetensi profesinya yang sekaligus berimplikasi kepada perolehan angka
kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru. U n s u r PKB mencakup tiga
hal; yakni pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.
Kata Kunci : Profesionalisme, Guru, Pembelajaran, Berkelanjutan.
Published
2013-04-16
How to Cite
Azmi, S. (2013). MENUMBUHKAN PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BERKELANJUTAN. Jurnal Likhitaprajna, 15(1), 1-13. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v15i1.71
Issue
Section
Articles
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.