PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI PERSAMAAN TRIGONOMETRI DENGAN MEDIA GRAFIK TUNOLTU PADA KELAS X SMA NEGERI 02 BATU

  • Wiwik Sugiarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan ketercapaian kompetensi siswa melalui pembelajaran menggunakan media alat peraga. Pendekatan penelitian termasuk penelitian kualitatif. Desain penelitian, penelitian tindakan kelas dilakukan oleh peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X MIA-5 SMA Negeri 02 Batu berjumlah 32 siswa. Peneliti bertindak sebagai subyek pemberi tindakan sekaligus pengamat. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian, ada peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang dapat diamati dari peningkatan persentase indikator-indikator, yang reratanya 41,9% pada siklus I menjadi 82,2% pada siklus II. Tingkat ketercapaian kompetensi meningkat dari 37,5% menjadi 81,3% dengan rerata dari 59,3 menjadi 79,5. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media Grafik Tunoltu dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan ketercapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran persamaan trigonometri.

Kata kunci: Komunikasi Matematis, Ketercapaian Kompetensi, Persamaan Trigonometri, Grafik Tunoltu

Published
2017-09-02
How to Cite
Sugiarti, W. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI PERSAMAAN TRIGONOMETRI DENGAN MEDIA GRAFIK TUNOLTU PADA KELAS X SMA NEGERI 02 BATU. Jurnal Likhitaprajna, 19(2), 76-86. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v19i2.84
Section
Articles