PROBLEMATIKA DALAM APLIKASI KAIDAH BERBAHASA INDONESIA
Abstract
Penulisan ini bertujuan mendeskripsikan permasalahan problematika dalam aplikasi berbahasa Indonesia terutama dalam bentuk kesalahan berbahasa lisan dan tulis dalam pengajaran bahasa Indonesia, sedangkan tujuan khususnya adalah upaya pembinaan dan pengembangan bahasa tulis dan lisan sesuai konteks dan kaidah EYD serta meningkatkan kemampuan pengetahuan, kompetensi siswa serta mengurangi adanya kesalahan menggunakan bahasa lisan dan bahasa tulis dengan perbaikan dan koreksi terutama dari tata bunyi dan tata bentuk bahasa Indonesia di dalam pengajarannya. Teori ini berdasarkan pendapat Suparno (1997:35) yang menyatakan bahwa (a) pengajar masih cenderung memberikan penjelasan bukan praktek pelatihan keterampilan berbahasa yang integrative dan komunikatif, (b) sebagian pengajar belum memiliki kompetensi dalam aplikasi taksonomi kemahiran berbahasa Indonesia terutama dalam menggunakan sumber referensi sebagai acuan dasar dalam komunikasi pembelajarannya. Hasil pembahasan ini diperlukan teknik yang digunakan di dalam penggunaan perbaikan karena adanya kesalahan bahasa tulis yaitu, teknik koreksi langsung (direct correction techniques) dan teknik koreksi tidak langsung (indirect correction techniques).
Kata kunci: Problematika, Aplikasi, Kaidah, Berbahasa Indonesia
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.