MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X SMK WISNUWARDHANA MALANG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)
Abstract
Artikel penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas belajar dan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas X SMK Wisnuwardhana Malang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah Siswa kelas X SMK Wisnuwardhana tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 36 orang. Instrument yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I dan SIklus II kualitas pembelajaran memcapai prosentasi 100%, terjadi pada semua kelompok belajar dari semua segi elemen pembelajaran kooperatif dengan kategori sangat baik. Hasil prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh hasil bahwa sebanyak 22 atau 63 % siswa dinyatakan tuntas dan 37% dari 14 siswa dinyatakan belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus ini, dapat menjelaskan bahwa hasil belajar sisiwa belum tuntas karena lebih > 80%,. Sedangkan pada Siklus II adalah terjadi peningkatan capaian prestas belajar siswa. Hasil belajar dari Siklus I ke Siuklus II mengalami kenaikan 16 %, yaitu dari 70% menjadi 86 %.
Kata Kunci: prestasi belajar, kooperatif, STAD
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.