MENCIPTAKAN JOYFUL LEARNING TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Penggunaan bahasa dalam pembelajaran di kelas merupakan realitas komunikasi yang berlangsung dalam interaksi kelas. Dalam berinteraksi, guru selalu menggunakan bahasa untuk memperlancar proses kegiatan belajar mengajar. Guru harus mampu berkomunikasi dengan baik untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu guru memiliki tugas untuk mengelola kegiatan pembelajaran yang memungkinkan berlangsungnya pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Sejalan dengan pernyataan-pernyataan tersebut, salah satu wujud dari menciptakan pembelajaran yang menyenangkan atau joyful learning adalah dengan menggunakan bahasa dalam pembelajaran. Untuk itu masalah dalampenelitian ini adalah  membahas dengan  lebih teliti dan seksama pengaruh tindak tutur guru dalam interaksi di kelas,serta penggunaan  bahasa sehingga dapat memberikan perasaan senang kepada  siswa pada saat kegiatan belajar mengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini termasuk jenis penelitian grouded theory dengan menggunakan gabungan teori tindak tutur dan joyful learning. Data penelitian ini berupa kalimat yang diperoleh dengan catatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui prosedur yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data atau verifikasi. Analisis dilakukan oleh peneliti dengan proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil observasi, catatan lapangan dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari serta membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami.
Kata kunci:Â Â joyful learning, pembelajaran bahasa Indonesia.
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.