MENCIPTAKAN JOYFUL LEARNING TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Sri Utami Universitas Wisnuwardhana Malang

Abstract

Penggunaan bahasa dalam pembelajaran di kelas merupakan realitas komunikasi yang berlangsung dalam interaksi kelas. Dalam berinteraksi, guru selalu menggunakan bahasa untuk memperlancar proses kegiatan belajar mengajar. Guru harus mampu berkomunikasi dengan baik untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu guru memiliki tugas untuk mengelola kegiatan pembelajaran yang memungkinkan berlangsungnya pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Sejalan dengan pernyataan-pernyataan tersebut, salah satu wujud dari menciptakan pembelajaran yang menyenangkan atau joyful learning adalah dengan menggunakan bahasa dalam pembelajaran. Untuk itu masalah dalampenelitian ini adalah  membahas dengan  lebih teliti dan seksama pengaruh tindak tutur guru dalam interaksi di kelas,serta penggunaan  bahasa sehingga dapat memberikan perasaan senang kepada  siswa pada saat kegiatan belajar mengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini termasuk jenis penelitian grouded  theory  dengan menggunakan gabungan teori tindak tutur dan joyful learning. Data penelitian ini berupa kalimat yang diperoleh dengan catatan lapangan. Analisis data dilakukan  melalui prosedur yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan  menyimpulkan data atau verifikasi. Analisis dilakukan oleh peneliti dengan proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil observasi, catatan lapangan dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari serta membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami.

Kata kunci:   joyful learning, pembelajaran bahasa Indonesia.

Published
2017-04-10
How to Cite
Utami, S. (2017). MENCIPTAKAN JOYFUL LEARNING TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Likhitaprajna, 19(1), 49-58. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v19i1.88
Section
Articles