MANAJEMEN LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH (LBSS)

  • Eny Wahyu Suryanti Universitas Wisnuwardhana Malang

Abstract

Lesson Study berbasis Sekolah (LSBS) adalah salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar yang mencakup semua mata pelajaran dan melibatkan semua guru di sekolah. Manajemen lesson study berbasis sekolah merupakan proses kegiatan pengelolaan lesson study meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian yang bertujuan meningkatkan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Lokasi penelitian adalah SMA Laboratorium UM dan SMA Negeri 1 Grati Pasuruan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi peran serta, dan dokumentasi.

Kata kunci: manajemen, lesson study berbasis sekolah

Published
2015-04-01
How to Cite
Suryanti, E. (2015). MANAJEMEN LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH (LBSS). Jurnal Likhitaprajna, 17(1), 84-96. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v17i1.9
Section
Articles