PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPS BERDASARKAN TAKSONOMI

  • Dessy Ningrum Eka Universitas Wisnuwardhana Malang

Abstract

Penelitian ini berawal dari persoalan yang mendasar dari pembelajaran IPS, terutama menyangkut tentang hasil belajar dan guru yang membelajarkannya. Permasalahan serupa juga terjadi pada pembelajaran IPS SMP Negeri di Kota Malang. Rendahnya hasil belajar IPS siswa menunjukkan rendahnya penguasaan konsep IPS. Dimana penguasaan konsep merupakan hasil belajar yang dipengaruhi faktor internal dan faktor eksternalnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Self Regulation Learning dan persepsi siswa tentang profesionalitas mengajar guru terhadap penguasaan konsep IPS, kemudian penguasaan konsep IPS akan dianalisis berdasarkan taksonomi SOLO (Structure Observed of Learning Outcomes). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey explanatory dan unit analisis yang digunakan adalah siswa SMP Negeri di Kota malang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes soal uraian dengan jumlah responden sebanyak 400 orang yang dilipih secara random. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Self Regulation Learning dan persepsi siswa tentang taksonomi SOLO berpengaruh signifikan terhadap penguasaan konsep IPS berdasarkan taksonomi SOLO. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa masih ada faktor lain yang berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa.

Kata kunci: self regulation learning, persepsi siswa, profesionalisme guru, penguasaan konsep IPS, taksonomi SOLO

 

Published
2015-09-01
How to Cite
Eka, D. (2015). PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPS BERDASARKAN TAKSONOMI. Jurnal Likhitaprajna, 17(2), 43-52. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v17i2.15
Section
Articles