PENERAPAN EVALUASI PADA BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI PERGURUAN TINGGI
Abstract
Moodle merupakan perangkat lunak untuk membuat materi perkuliahan online, mengelola kegiatan pembelajaran serta hasil-hasilnya. Moodle dapat mudah digunakan oleh pendidik, karena pendidik tidak perlu membuat pemrograman web tetapi hanya memberikan konten pembelajaran akan disampaikan. Sistem evaluasi pembelajaran kimia di perguruan tinggi dengan blended learning akan sangat berbeda dibandingkan evaluasi pada pembelajaran tatap muka. Evaluasi diharapkan didasarkan pada proses dan hasil yang dapat dilakukan melalui penilaian kinerja mahasiswa berdasarkan portofolio maupun rubrik. Sehingga penilaian tidak dari dosen saja, tetapi perlu ada penilaian mahasiswa sendiri maupun mahasiswa yang lain. Hal ini melatih mahasiswa tersebut untuk mandiri, bertanggungjawab dan bersikap jujur dalam sistem pembelajaran. Meskipun penilaian dengan kuis, tugas maupun yang biasa diterapkan dalam pendekatan konvensional masih tetap diperlukan, tetapi tidak menjadi satu-satunya cara penilaian.
Kata kunci: evaluasi, blended learning, moodle
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.