EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN DEPOK

  • Fitria Khasanah Universitas Wisnuwardhana Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar sedang, dan perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar sedang dengan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; (3) mengetahui hubungan interaksi antara penerapan model pembelajaran dan motivasi belajara siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dimana terdapat dua variabel bebas yaitu model pembelajaran dan motivasi belajar dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua sekolah dasar di Kecamatan Depok, dan teknik pengambilan sampel adalah stratified cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) lebih bagus daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran langsung; (2) hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar sedang, dan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; (3) tidak terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: kooperatif, teams game together, motivasi belajar, hasil belajar

Published
2015-09-01
How to Cite
Khasanah, F. (2015). EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN DEPOK. Jurnal Likhitaprajna, 17(2), 96-106. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v17i2.19
Section
Articles