PERUBAHAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI DI KABUPATEN MALANG (Study Kasus pada SMPN 5 Kepanjen)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perubahan budaya norma-norma yang terjadi di sekolah adiwiyata mandiri; (2) mendeskripsikan perubahan budaya sikap yang terjadi di sekolah adiwiyata mandiri; dan (3) mendeskripsikan perubahan kebiasaan yang terjadi di sekolah adiwiyata mandiri. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari informan seperti kepala sekolah, guru, siswa, staf dan komite sekolah adiwiyata mandiri, pada SMPN Kepanjen 5. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode interaktif meliputi wawancara, pengamatan dan dokumen. Untuk kredibilitas (validitas) data dilakukan dengan kegiatan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode, analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analsis deskriptif dan analisis lintas kasus. Hasil penelitian (1) perubahan dalam pelaksanaan norma-norma pada sekolah adiwiyata mandiri berubah menjadi lebih baik, secara menyeluruh, berkualitas terhadap lingkungan sekolah yang bersih, tertib, rapi, sehat, indah dan nyaman sesuai dengan aturan budaya organisasi dan tata krama yang berkembang dalam lingkungan sekolah; (2) sikap sekolah adiwiyata mandiri terhadap disiplin, kerjasama, kebijakan, lingkungan, ketertiban dan perkembangan sekolah secara menyeluruh dan berkualitas berubah menjadi lebih baik; dan (3) kebiasaan pada sekolah adiwiyata mandiri, berubah menjadi lebih baik secara menyeluruh dalam kebiasaan melakukan kegiatan di sekolah sesuai dengan aturan yang berlaku dalam budata organisasi yang perkembangan di lingkungan sekolah.
Kata kunci: budaya organisasi, norma, sikap, kebiasaan
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Likhitaprajna setuju dengan ketentuan berikut: manuskrip yang diajukan dan dipublikasikan tetap menjadi hak publikasi penulis dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.